Hari Ketiga FLS2N (hari Rabu, 3 Juni 2009)

Sebelum lomba dimulai, gue nyerahin cerpen gue yang gue bikin buat lomba tingkat kecamatan Pasar Rebo, tingkat Kotamadya Jakarta Timur, dan tingkat Provinsi DKI Jakarta. Kayaknya itu mau dinilai juga.
Lomba dimulai. Ruangannya bener-bener tertutup dan tenang. Okay, TENANG, sampe saat ada seseorang perwakilan entah dari provinsi mana, yang dengan noraknya nyalain music player dari hp-nya dengan sangat keras ! beh ! lo kira ini lagi ngapain sih ?! LOMBA WOY ! TAU DIRI DONG ALAY ! darimana sih lo ?! KAMPUNG BANGET ! *ganyante
gue dan perwakilan dari provinsi lain kan langsung  celingak-celinguk nyariin darimana lagu itu terdengar. Orang kampung macam apakah yang menyalakannya ?

Jurinya pun bertanya: "Siapa yang nyalain musik ?"

hening ga ada yang jawab, tapi suara musiknya masih terdengar ! dasar ga tau diri ! Udah tau di tegur gitu sama jurinya, eh ga dimatiin juga !

Jurinya bertanya lagi: "Siapa itu yang nyalain musik ? Kecilin coba volume suaranya ! atau matiin aja !"

Udah digituin, orang itu yang nyalaian musik masih ga nyadar juga atau pura-pura ga nyadar deh, dia GA MATIIN MUSIC PLAYERNYA ! beh ! gue rasa tuh orang baru beli hp dan mau pamer dah ! kampung dasar !

Untuk ketiga kalinya, sang juri bertanya: "Siapa sih yang nyalain lagu ? Cepet matiin ! Mengganggu peserta lain yang sedang bikin cerpen !" 


Ini dia saat yang paling membuat gue pengen ke kamar mandi mulu ga berhenti-berhenti (okay, lebay)
HARI LOMBA CERPEN !
gue dateng ke UGM ga terlalu telat kok, berhubung gue aja berangkat dari hotel jam setengah 7. Tapi pas nyampe ruangan tempat lomba, udah banyak yang dateng.
Bukannya gue GR ya, tapi entah mengapa gue ngerasa, pas gue jalan lewat anak-anak perwakilan provinsi lain, gue diliatin. Entah karena gue dari DKI Jakarta (karena ibu kota ?) atau karena gue CANTIK nan MANIS ? (wuek wuek wuek muntah siapkan tempat sampah ukuran jumbo --- lebay).
Tapi bodo amat dah, yang penting gue dapet tempat duduk.
Gue merhatiin satu-satu anak perwakilan provinsi lain. Ada yang cantik, ada yang ganteng, ada yang biasa-biasa aja, ada juga yang tampangnya bikin gue ketawa selama satu jam  (lebay lagi).
Gue liat, ada cewe, yang gue lupa perwakilan provinsi manakah itu, bawa-bawa foto Cakka (idola cilik). Beh, sepertinya dia menggunakan foto Cakka buat jimatnya ? udah gitu, dia naro foto Cakkanya di balik ID Card peserta lomba. Lebay banget, foto Cakkanya itu close up, dan membuat ID Card perserta lombanya tidak terlihat. wah wah, gue demen banget tuh kalo jurinya liat, abis itu marah-marah. Dijamin 100 % gue bakal ngakak.
Okay, peserta sudah hadir semua. Semuanya berjumlah 32 peserta dari 32 provinsi di Indonesia, gue ga tau kemanakah 2 perwakilan lain ? karena ada 2 provinsi yang ga ikut, mengingat provinsi di Indonesia ada 34.
Pendamping peserta lomba diusir keluar (lebay). Pokoknya pendamping ga boleh ada di ruang lomba, yang tersisa di ruang lomba cuman 32 peserta dan 3 orang juri.


Sebelum lomba dimulai, gue nyerahin cerpen gue yang gue bikin buat lomba tingkat kecamatan Pasar Rebo, tingkat Kotamadya Jakarta Timur, dan tingkat Provinsi DKI Jakarta. Kayaknya itu mau dinilai juga.
Lomba dimulai. Ruangannya bener-bener tertutup dan tenang. Okay, TENANG, sampe saat ada seseorang perwakilan entah dari provinsi mana, yang dengan noraknya nyalain music player dari hp-nya dengan sangat keras ! beh ! lo kira ini lagi ngapain sih ?! LOMBA WOY ! TAU DIRI DONG ALAY ! darimana sih lo ?! KAMPUNG BANGET ! *ganyante
gue dan perwakilan dari provinsi lain kan langsung  celingak-celinguk nyariin darimana lagu itu terdengar. Orang kampung macam apakah yang menyalakannya ?

Jurinya pun bertanya: "Siapa yang nyalain musik ?"

hening ga ada yang jawab, tapi suara musiknya masih terdengar ! dasar ga tau diri ! Udah tau di tegur gitu sama jurinya, eh ga dimatiin juga !

Jurinya bertanya lagi: "Siapa itu yang nyalain musik ? Kecilin coba volume suaranya ! atau matiin aja !"

Udah digituin, orang itu yang nyalaian musik masih ga nyadar juga atau pura-pura ga nyadar deh, dia GA MATIIN MUSIC PLAYERNYA ! beh ! gue rasa tuh orang baru beli hp dan mau pamer dah ! kampung dasar !

Untuk ketiga kalinya, sang juri bertanya: "Siapa sih yang nyalain lagu ? Cepet matiin ! Mengganggu peserta lain yang sedang bikin cerpen !" 


akhirnya si orang norak dan kampung yang nyalain music player itu nyadar juga, dia matiin music playernya.
Dasar, bikin orang lain ga konsentrasi bikin cerpen aja ! Sistem lombanya, nulis cerpen di tempat, itu sebabnya tadi tempat lombanya hening, karena semuanya lagi nulis cerpen dan mencari inspirasi.
Gue sendiri, udah mikirin konsep cerpennya dari jauh-jauh hari, jadi gue tinggal nulis konsepnya lagi di kertas folio pas hari H lombanya.

Guru bahasa Indonesia gue yang baik, yang berperan sebagai pendamping gue juga, namanya Bu Anna, nitipin makanan ke juri, berhubung dia ga bisa ngasih langsung ke gue. wah Bu ! INI SAAT YANG SANGAT TEPAT ! KARENA SAYA SANGAT LAPAR ! huaaa makanan hotel berbintang emang TOP ! (norak bgt gue).

Gue nerusin nulis cerpen sambil makan, gue juga celingak celinguk sih, mau liat perserta lain udah nulis sampe mana. Gila, udah pada banyak banget nulisnya ! udah berhalaman-halaman folio ! dapet inspirasinya cepet bgt mereka, ckckck jadi iri gue.

Sial sekali, gue menulis cerpen terlalu panjang ! dan apa yang terjadi selanjutnya ? gue terpkasa minta kertas folio lagi, huah, dalam hati gue hanya berharap, minta tambahan kertas folio ga mengurangi penilaian ! mana waktunya tinggal dikit, gue menghabis-habiskan waktu hanya untuk minta kertas folio tambahan ! sungguh sial !

Detik-detik terakhir. TIP-EX GUE HABIS ! BAH ! SIAL ! gue terpaksa minjem ke anak depan gue, dan DIA GA PUNYA ! oh great ! waktunya mepet banget lagi ! tamatlah gue !
Gue ga putus asa, gue nyoba minjem ke anak belakang gue, terus ke anak di serong kiri belakang gue, terus ke anak di serong belakang kanan gue, terus anak di serong depan kiri, dan serong depan kanan ! dan sialnya, MEREKA SEMUA GA ADA YANG PUNYA TIP-EX ! oh meeen ! bener-bener tamat gue ! mana kertas folionya udah disuruh dikumpulin lagi ! sial sial !
Akhirnya gue memberanikan diri meminjam ke anak yang duduknya lumayan jauh dari gue. DIA PUNYA TIP-EX ! oh Thanks God ! Thanks juga buat si anak pemilik Tip-Ex yang gue pinjam, kalo ga salah anak itu dari Nanggroe Aceh Darussalam, thanks thanks ya.

Ternyata bukan gue doang yang cerpennya panjang, perwakilan dari Jawa Barat juga minta kertas folio tambahan karena cerpennya yang panjang. Hah, gue mulai agak tenang.

Dengan berdoa berharap menang, gue ngumpulin cerpen gue. Aduh ga tau deh itu cerpen bagus apa engga, gue mah udah pasrah aja, stres gue. Laper lagi ! padahal makanan yang tadi di kasih Bu Anna udah ludes gue makan, tapi masih aja laper ! ckckckk

Oh ya, di tembok depan ruangan lomba itu, ada spanduk loh, gue foto:


"Festival Dan Lomba Seni Siswa Nasional
Selamat Berlomba, 
Lomba Menulis Cerpen, 
Raih Kemenangan Terbaik Dan Ukir Prestasimu" 
gitu kira-kira tulisannya.

oh ya, gue juga dapet foto suasana ruangan pas lomba cerpen berlangsung loh:

 

kayak di kelas kan ? tapi anaknya rajin mencatat semua, ga kayak di kelas gue, penuh dengan obrolan dan ada pula yang tidur saat pelajaran (itu gue maksudnya yang tidur). Di foto itu gue di barisan kedua dari kiri, dan tempat duduk ketiga dari depan.

kita bisa melihat salah satu perwakilan yang sedang nulis cerpen:

 

itu yang pake kerudung putih di belakang adalah wujud gue, ckckck ga pas banget nih motonya, gue lagi nunduk juga !

Okay, setelah lomba selesai, gue seperti biasa, melihat cabang lomba lain.
Gue ngeliat cabang lomba seni tari lagi.
Kali ini anak Jakartanya nari loooh.
Sayang banget ga gue foto, soalnya gue sibuk megang hp buat ngerekam mereka nari.
Temen sekamar gue yang namanya Medina, perwakilan tari, minta gue buat ng-video-in performancenya bersama teman-teman tarinya yang lain.


Comments

Popular Posts