Perjalanan ke Jogjakarta untuk lomba FLS2N

Bus-nya berhenti di hotel “Saphir”. Kata temen gue, itu hotel kalo ga bintang 4 atau bintang 5. Lumayanlah, bagus, elegan, dan gue suka. Tempat parkir hotel itu penuh dengan bus-bus. Kayaknya anak-anak dari provinsi lain udah pada datang juga. Pas gue masuk hotelnya, banyak banget anak-anak yang megang koper mereka. Karena gue norak, jadi gue baca aja asal daerah mereka. Aceh, Sumatra Selatan, Bali, Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, Banten, Yogyakarta, Sumatra Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, dan lain-lain. Kayaknya ada yang dari Maluku juga. HAHAHAHA, gue BANGGA gue dari Jakarta !



Jadi, pagi pagi sekali gue berangkat dari rumah, mungkin jam setengah 6 lewat dikit. Gue minta tolong bokap gue untuk nganter gue ke kantor Dinas Pendidikan Jakarta, tempat gue lomba cerpen tingkat Jakarta waktu itu loh. Waktu itu hari Minggu, pagi lagi, jadi ga ada kata ‘macet menghalangi saya untuk datang tepat waktu’.

Gue nyampe di kantor dinas, dan melihat banyak orang dengan koper-koper mereka, tentu saja, karena hari itu jadwal keberangkatan ke Jogja, dan gue serta anak- anak yang lain itu akan berada di Jogja sekitar 5-6 hari an. Gue nyari guru pendamping gue, Bu Anna. Rencananya gue bakal di dampingin sama Bu Anna untuk lomba kali ini. Setelah ge ketemu sama Bu Anna, bokap gue dan Bu Anna ngobrol-ngobrol, biasalah, basa-basi antara guru dan orang tua murid. Gue nyari temen gue, namanya Devi, dia yang ngewakilin lomba seni kriya, temen gue yang ngewakilin lomba puisi ga datang, karena lomba puisi di Jakarta, bukan di Jogja.

Setelah kumpul semua, panitianya nyuruh anak-anak untuk berbaris di lapangan, ada anak SMP dan ada anak SMA. Panitia ngasih kartu pengenal kontingen Jakarta kepada semua peserta lomba, dan terus terang, gue bangga memakainya, karena gue dari JAKARTA, ibu kota, the central of Indonesia, pusat kegiatan, dan sebagianyalah.


Ini kartu pengenal kontingen DKI Jakarta milik gw

Panitia juga ngasih penjelasan-penjelasan dikit, termasuk soal perjalanan yang diperkirakan memakan waktu 12 jam. Oke, DUA BELAS JAM.
Setelah itu, semua masuk ke bus. Jam setengah 7 pagi, bus meninggalkan kantor dinas pendidikan, dan selamat tinggal Jakarta untuk 6 hari yaaa (itu dalam pikiran gue, dan gue tau itu sangat norak).

Perjalanan sangat membosankan. Apa-apan, lagu yang diputer, lagu dangdut, astagfirulloh, maaf aja ya, bukannya gue ga menghargai seni asal Indonesia, namun gue bukan orang munafik, jadi gue akui saja GUE GA DEMEN DANGDUT, gue pusing gara-gara denger cengkoknya lagu dangdut itu, apalagi jalannya berliku-liku, gue jadi mual.

Eh tapi ada enaknya juga sih, makanannya boo, gue SUKA ! setidaknya gue ga bakal kekurangan makanan meskipun 12 jam diperjalanan. Banyak kue-kue, minuman, dll. Oh ya, gue juga seneng, karena gue ngantongin duit yang cukup, untuk ke Jogja ini, gue dapet duit dari sekolah gue looh (norak banget).

Itu perjalanan pertama gue ke Jawa, karena selama 14 tahun lebih gue hidup, gue ga pernah sekalipun ke Jawa Tengah, Jogja, Jawa Timur, dan sekitarnyalah, tapi kalo Jawa Barat sih setiap hari (rumah gue di Depok, dan itu Jawa Barat, tapi gue sekolah di Jakarta Timur, jadi gue mewakili Jakarta untuk lomba ini). Perjalanan pertama, itu berarti gue memasang muka sangat norak. Gue berusaha untuk ga tidur, karena gue pengen tau gimana sih jalanan ke Jawa itu, tapi tentu saja usaha gue itu ga berhasil, pada kenyataannya gue tidur sangat pulas dan sangat lama, tapi entah mengapa, ga nyampe-nyampe ! ah lama banget perjalanannya !
Batre hp gue abis karena gue dengerin lagu dan smsan mulu. Ck ! mana perjalanannya masih lama. Kesal saya. Gue terpaksa mematikan hp gue, dan itu artinya BOSAN ! bus itu sempet berhenti di beberapa tempat buat isoma (istirahat, sholat, makan), tapi tetep aja gue bosan, dan gue MUAL.

Berjam-jam gue tunggu, akhirnya terlihat juga papan-papan toko yang betuliskan “…….-Jogjakarta” itu artinya, SAMPE ! oh baguslah, pantat gue udah panas karena duduk mulu, dan gue sampe jam 9 malem ! ckckck
Bus-nya berhenti di hotel “Saphir”. Kata temen gue, itu hotel kalo ga bintang 4 atau bintang 5. Lumayanlah, bagus, elegan, dan gue suka. Tempat parkir hotel itu penuh dengan bus-bus. Kayaknya anak-anak dari provinsi lain udah pada datang juga. Pas gue masuk hotelnya, banyak banget anak-anak yang megang koper mereka. Karena gue norak, jadi gue baca aja asal daerah mereka. Aceh, Sumatra Selatan, Bali, Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, Banten, Yogyakarta, Sumatra Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, dan lain-lain. Kayaknya ada yang dari Maluku juga. HAHAHAHA, gue BANGGA gue dari Jakarta !

Gue dan temen-temen gue yang dari Jakarta lain baris di lobby hotel. Panitia mau ngasih tau temen sekamar kita di hotel itu. Gue satu kamar sama Devi, dan satu lagi namanya Medina, dia ngewakilin seni tari. Terus gue dapet kunci kamarnya. Gue masuk ke kamar itu, dan gue cukup suka. Kamarnya nyaman. Gue capek banget, jadi gue langsung ngaso di tempat tidur. Medina telpon-telponan sama pacarnya. Sedangkan Devi ngobrol-ngobrol sama mamanya, kakaknya, dan sodaranya. Ibunya Devi emang ikut ke Jogja. Kalo kakak sama sodaranya Devi emang tinggal di Jogja, karena kuliah di UGM. Okay, jadi gue hanya diam sendirian. Ga tau mesti ngapain. Gue capek, dan gue pengen cepet pada sesi jalan-jalan mengelilingi Jogja. Gue ga mau mikirin lombanya dulu, bikin gue tegang ! dan gue sholat isya, beresin koper gue dulu, dan terakhir TIDUR.

Comments

Popular Posts