Lomba Cerpen FLS2N tingkat Jakarta

Awalnya Bu Anna (guru bahasa Indonesia untuk anak kls 9-7 sampe 9-10 di SMPN 103, yang kebetulan jadi sekolah gue sekarang) nelpon gue. Sedikit percakapan gue dan Bu Anna:
Bu Anna: "Halo Rusy, ini Bu Anna"
Gue: "Oh iya Bu, ada apa ?"
Bu Anna: "Cerpen kamu yang waktu itu berhasil masuk ke tingkat Jakarta" (Bu Anna ngomong dengan tenang)
Gue: "Hah ?" *cengo
Oke, akhirnya setelah lama tidak ngpost blog, gue ada niatan buat ngepost lagi. Abis lagi ga ada kerjaan sih (dan gue lagi males baca buku).

Awalnya Bu Anna (guru bahasa Indonesia untuk anak kls 9-7 sampe 9-10 di SMPN 103, yang kebetulan jadi sekolah gue sekarang) nelpon gue. Sedikit percakapan gue dan Bu Anna:
Bu Anna: "Halo Rusy, ini Bu Anna"
Gue: "Oh iya Bu, ada apa ?"
Bu Anna: "Cerpen kamu yang waktu itu berhasil masuk ke tingkat Jakarta" (Bu Anna ngomong dengan tenang)
Gue: "Hah ?" *cengo

Bu Anna: "Iya, kamu siap-siap ya, nanti hari Selasa kita ke Dinas Pendidikan"
Gue: "Terus puisi-ku gimana Bu ?"
Bu Anna: "Puisi kamu ga diikutsertakan lagi, karena kamu udah berhasil sama cerpen. Ga mungkin kamu ikut dua-duanya" (gue agak kecewa disini, karena puisi yang udah capek-capek gue buat, ga diikutsertakan)
Gue: "Oh gitu ya Bu, yaudah deh, nanti saya siap-siap buat hari Selasa. Tapi emang hari Selasa mau ngapain Bu ?"
Bu Anna: "Ibu juga ga tau, mungkin udah mulai lomba. Kamu pelajari seluk beluk cerpenmu itu, soalnya nanti itu yang akan ditanyakan"
Gue: "Oh iya deh Bu, nanti saya pelajari"
Okeh, itu obrolan singkat yang udah bikin gue jungkir balik karena bahagia ! Gue ga nyangka cerpen yang udah gue kirim sejak lebih dari setengah tahun yang lalu, ternyata masuk tingkat Jakarta. Meskipun puisi gue ternyata ga diikutsertakan. Tapi sudahlah, no problemo kalo kata Bu Wanti. hahaha
Hari Selasa...
Gue nyampe di sekolah jam 6 kurang 15 pagi ! Gile ! Ngantuk bener gue ! untung ada ayah gue yang bisa nganter gue ke sekolah. Coba kalo ga ada ? naek apa gue ? kalo naek angkot sih udah dijamin telat ! Setelah itu gue ke Dinas Pendidikan Jakarta deh.
Gue nyampe di Dinas Pendidikan, dan masih sangat sepi ! ah malesin dah ! nunggu deh gue. Nunggu adalah hal paling menjemukan, ya meskipun gue akui, gue juga suka ditungguin orang lain karena gue kelamaan make kamar mandi, haahaha.
Setelah itu, gue masuk ke aulanya. Yah gue melakukan hal-hal yang emang seharusnya dilakukan, seperti daftar ulang, makan snack yang udah disediain, duduk, nengok kanan nengok kiri, dan memperhatikan setiap anak yang berhasil lolos masuk ke tingkat Jakarta. Gile, anak-anaknya bermuka pinter semua ! ciut dah nyali gue ! hahaha
Dari aula, gue pergi ke lantai 2 Dinas Pendidikan. Ternyata hari itu belom lomba, tapi masih techincal meeting. Yaudah, gue masuk ke tempat technical meeting. Disitu udah berjajar anak-anak yang jadi saingan gue untuk lomba cabang cerpen, gile ! muka pinter muka pinter.
anak yang ngwakilin Jakarta Timur kalo gak salah ada 3 orang, dan gue salah satunya. Wiih bangga gue, hahaha. Setelah itu, hari Selasa selesai..
Hari Rabu..
Ini dia hari menegangkan, karna ini saatnya lomba. Seperti pas hari Selasa kemaren, gue nyampe sekolah jam 6 kurang 15 lagi. Langsung aja pas gue udah nyampe Dinas Pendidikan ya. Gue daftar ulang lagi di lantai 2 masjid Dinas Pendidikan. Gue dapet kartu pesertanya.

Ini kartu peserta lomba cerpen SMP tingkat DKI Jakarta

Setelah itu gue turun ke aula, buat lomba yang sebenernya.
Terus gue duduk di aula. Diem aja dah gue. Soalnya ga ada anak yg gue kenal. Setelah gue udah cukup bosen karna duduk mulu, akhirnya gue mancoba sksd sama 2 orang anak. Yang satu dari Jakarta Pusat, dan yang satunya lagi dari Jakarta Selatan.
"Hei, kenalin, gue Rusydah SyarLina, panggil Lina aja, gue dari Jakarta Timur," kata gue ke salah satu dari mereka.
"Gue Citra Diah Utami, panggil Citra aja, gue dari Jakarta Selatan,"
"Gue Leily Shafira Purnama, panggil Leily aja, gue dari Jakarta Pusat,"
Dan dimulailah percakapan-percakapan tidak penting. Gue sempet baca cerpen mereka berdua, dan apa yang terjadi pada diri gue ? GUE MINDER ! OH GOD ! kayaknya gue bakal kalah telak !
Ada 15 orang disana, 3 orang dari masing-masing perwakilan kotamadya yang ada di Jakarta, mulai dari Jakarta Utara sampai Jakarta Selatan.

Nomor urut gue dipanggil, dan gue berjalan dengan gemeteran ke podium tempat 3 orang juri duduk. Gue diwawancara (dan di ceramahin).

"Cerpen itu mestinya ga sepanjang ini ! Ini terlalu panjang untuk sebuah cerpen"
"Disini ada konflik di dalam konflik, itu membuat pembaca jadi bingung !"
"Terus kenapa tokoh Pak Mamat disini sakit jantungnya di akhir cerita ? kenapa ga diawal ?"
"Kamu dapet ide cerita ini darimana ?"
dll itu beberapa pertanyaan (dan ceramahan) yg gue dapet pas lagi wawancara ! Okay ! Gue sudah dipastikan akan kalah !
setelah itu gue hanya menunggu di aula yang sangat luas itu. diam diam diam. Bu Anna ngobrol sama guru pendamping peserta lain. gue tidak mengobrol dengan siapa pun, karena si Citra udah pulang, dan Leily ga tau kemana. Si Citra keren banget berani pulang, padahal kan jurinya bilang harus nunggu, soalnya pengumuman pemenang akan diumumkan hari itu juga.
Okay, langsung saja pada saat pengumuman pemenang.
"Banyak anak yang bikin cerpen tanpa membuat kerangkanya terlebih dahulu, dan itulah biasanya yang membuat cerpen anak itu jadi ga karuan ! ada cerpen yang punya konflik di dalam konflik, terus terlalu panjang, dan masih banyak kekurangan-kekurangan lain !" (gila ! nyindir cerpen gue banget nih juri ! gue dikritik abis-abiaan gitu ! gue yakin gue ga akan menang ! dan gue hampir mau nangis)
"Namun, meskipun banyak kesalahan, terdapat satu cerpen yang sudah cukup baik, dan anak yang membuat cerpe itu juga cukup baik dalam menannggapi pertanyaan-pertanyaan ketika wawancara,"
"Dimulai dari Juara 3 diraih oleh..... dari SMP..... Jakarta......" (gue lupa nama anak yang juara 3, dan dari SMP serta Jakarta bagian mananya, tapi yang pasti, yang juara 3 itu dari sekolah swasta yang seragamnya keren)
"Juara 2 diraih oleh Citra Diah Utami, dari SMPN.......Jakarta Selatan," wow ! itu si Citra yang tadi gue sksd-in. terus kan gue baca cerpennya, dan gue minder gara-gara cerpennya yang super bagus itu ! ternyata dia menang ! tapi dia udah pulang, ckckck sayang bener dah !
"Dan Juara pertama, diraih oleh.... Rusydah Syarlina, dari SMPN 103, Jakarta Timur !" HAHAHAHAHAHAHAHA saat itu gue cengo, melotot, tak percaya, pengen lompat, dan mungkin juga merasa kuping gue sangat bermasalah ! Namun sepertinya tidak, karena Bu Anna menyalami gue dengan mata berkaca-kaca. Okay, gue menang ! gue menang ! gue menang ! GUE MASIH GAK PERCAYA BAHKAN SAMPAI SEKARANG GUE NG-POST BLOG INI !
"Kita jadi ke Jogja nih, Rusy !" kata bu Anna.
Juara 1 dari lomba cerpen tingkat Jakarta ini memang akan dikirim ke Jogjakarta untuk mengikuti lomba cerpen tingkat Nasional, dan gue ga percaya, AKHIRNYA GUE BISA KE JOGJA JUGA ! seumur hidup belum pernah gue kesana, soalnya keluarga gue semuanya ada di Jawa Barat, Jawa Timur, NTT, atau Sumatra Barat, jadi gue ga pernah ke Jogja.
Gue berkumpul lagi di aula yang lebih bagus. Disana udah banyak anak-anak lain, ada yang perwakilan lomba baca puisi, lomba seni kriya, lomba nari, lomba vokal, lomba band, lomba perfilman, dll gue sendiri ngewakilin lomba cerpen. FLS2N atau Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional ini emang lomba yang terdiri dari bermacam-macam jenis lomba seni.
Gue kenalan dengan anak yang ngewakilin lomba seni kriya, namanya Devi Firliyani Zalika, terus gue kenalan juga sama anak yang ngewakilin lomba puisi, namanya Bunga Wiladatika. Gue baca puisinya si Bunga, dan naujubillah ! KEREN BANGET ! gue sampe ga percaya kalo itu puisi yang dibikin sama anak kls 8 SMP ! ckckck
di aula itu ada techincal meeting perjalanan menuju Jogja, penginapan di Jogja, kegiatan-kegiatan, dan saat pulang dari Jogja, Gue bakal tinggal di hotel Saphir-Jogja selama 6 hari-an. kayaknya seru ! dan gue sangat tidak sabar saat itu !


Comments

Popular Posts