Membawakan Acara FFI abal-abal

Gue : "Selamat kepada film Hantu Jamu Gendong yg telah memenangkan trophy nominasi film terfavorit.
Sekarang kita akan berlanjut ke acara terakhir, yaitu penampilan dari RISKA RAFAEL !"
Semua pada ketawa, karena Riska maju ke depan kelas dengan mengenakan kaos hitam, celana jeans hitam, dan topi kerudung buat nenek-nenek yang juga berwarna hitam.  Riska mirip banget sama Romy Rafael. Soalnya rambutnya juga diiket.
Adek-adek kelas yang ada di luar kelas 8-4 juga pada nonton dari depan jendela. Semua pada ketawa ngakak.


Nama Acara: Festival Film Indonesia Abal-Abal
Selamat Datang di Festival Film Indonesia 2009. Kita Sambut Pembawa Acara Kita, Lina dan Titah ! (Riska yang ngomong, yang lain pada tepuk tangan)
All      : "Selamat siang, insan per-film-an Indonesia ! Selamat datang di Festival Film Indonesia   2009 !"  (pada tepuk tangan)
Titah: "Kami ingin mengucapkan selamat datang, khusunya kepada yth Ibu Uyung  Samidaliarti" (guru b.Ind gue)
Gue     : "Tahun ini adalah tahun yg hebat bagi industri per-film-an Indonesia, karena begitu  banyak-nya karya-karya besar bermunculan.Siang ini terasa luar biasa, karena anda semua  yang terlibat, ada disini !"
Titah: "Tepuk tangannya dulu boleh ! (pada tepuk tangan lagi). Semua nominasi dipilih oleh juri  yang berpengalaman di bidang seni peran, dan kami kabarkan kepada seluruh insan film  Indonesia agar memiliki kesempurnaan cinta dalam berkarya. (kalimat ini dicontek dari tv)
Gue     : "Betul sekali Titah ! Namun sebelum kita melanjutkan ke acara berikutnya, bisakah anda membacakan susunan acaranya ?"
Titah: "Tentu saja Lina ! Susunan acaranya adalah... (Titah bacain susunan acara)
Gue     : "Baiklah, kalau begitu, marilah kita dengarkan sambutan dari Ibu Isna Aulia, selaku ketua penyelenggara ajang FFI 2009. Kepada yth Ibu Isna Aulia, dipersilakan untuk menaiki  panggung dan memberikan sambutannya" (Isna berdiri di belakang meja guru dan memberikan  sambutan dengan cepat-cepat).
Gue     : "Terima kasih kepada Ibu Isna Aulia, yang telah memberikan sambutannya mengenai  harapan kita bersama untuk menjadikan ajang FFI ini sebagai motivasi bagi sineas-sineas muda  untuk dapat berkarya dengan lebih baik."(asik).
Titah: "Tentu saja Lina ! Tetapi, sebelum kita meningkat ke acara selanjutnya, marilah kita  dengarkan sambutan dari Ibu Nadiah Khansa Nasution, selaku ketua Badan Sensor Film  Indonesia. Kepada yth Ibu Nadiah Khansa Nasution, diperkenankan untuk menaiki panggung  dan memberikan sambutannya"(Nadiah berdiri dibelakang meja guru, dan memberikan  sambutan yang panjang banget)
Gue     : "Terima kasih kepada Ibu Nadiah Khansa Nasution yang telah memberikan aspirasinya  untuk menjadikan film-film Indonesia menjadi film yg menghibur dan tetap memiliki norma dan  nilai-nilai kehidupan"
Titah: "Betul sekali Lina ! Wah, sepertinya acara semakin memanas saja, dan pemirsa semakin  penasaran film dan acara tv mana yg menjadi nominasi dan pemenangnya !
Gue    : " Ya Titah ! Bagaimana kalau langsung saja kita sebutkan nominasi kategori sinetron  terfavorit ?"
Titah: "Baiklah !"
All     : "Dan nominasi kategori sinetron terfavorit adalah...
               ALISA ! (pada tepuk tangan dan Raisha bawa-bawa  kertas asturo yang ada tulisan "Alisa" nya ke depan kelas)
               CINTA PITRI ! pada tepuk tangan dan Nadiah bawa-bawa kertas asturo kayak gini ke  depan kelas:

               INAYAH ! (pada tepuk tangan dan Isna bawa-bawa kertas asturo yang ada tulisan  "Inayah"- nya ke depan kelas)
               dan MUSLIMAH !" pada tepuk tangan dan Nadianur bawa-bawa kertas asturo kayak gini ke depan kelas:

Titah: "Wah, kira-kira sinetron mana yg jadi pemenang ya Lina ?"
Gue     : "Iya, tampaknya akan sulit bagi para pemirsa untuk memilih sinetron mana yg menjadi pemenang"
Titah: "Betul sekali Lina ! Kalau begitu, langsung saja kita buka amplopnya untuk mengetahui  sinetron mana yang menjadi pemenang !"

gue buka amplopnya, perlu diketahui, bahwa amplopnya adalah tempat CD yang terbuat dari kertas yang biasa kita dapatkan jika kita foto di studio photo. Tempat CD itu berguna untuk meletakkan CD foto kita di dalamnya, sehingga kita tidak perlu lagi mamakai roll film foto untuk mencetak foto kita yang sudah ada.
Setelah amplop di buka...

All     : "Dan pemenang nominasi kategori sinetron terfavorit adalah.......              MUSLIMAH !" (Semua    pada tepuk tangan)

Nadianur, selaku aktris sinetron Muslimah, maju ke meja guru dan memberikan ungkapan rasa suka citanya ke semua pemirsa. (wahaha) Oh ya, si Gistra atau Dhiva atau Regina, juga ikut maju, ceritanya mereka jadi rekan Nadianur sekaligus pemeran pembantu dalam sinetron Muslimah.

Titah: "Kepada saudara Vega Anisa, selaku Miss Indonesia 2009 (ya ampun ! *damai Vega*) ,  diperkenankan naik ke atas panggung untuk memberikan trophy kebanggaan Festival Film  Indonesia"

Nah, sebenernya dialog tadi itu dibacain sebelum Nadianur mengungkapkan rasa suka cita-nya, terus si Vega, (Miss Indonesia abal-abal) *damai ya Vega*, maju ke depan meja guru, dan  ngasih selempangan dan trophy kayak gini:

Perlu diketahui, trophy itu terbuat dari BOTOL AQUA BEKAS yg diisi air dan dilapisi kertas asturo warna emas. Ini trophy di liat dari sudut pandangan atas:


Tutup botol warna biru-nya keliatan kan ?

Abis itu si Nadianur turun deh sama rekan-rekannya.
Gue     : "Ya, kami ucapkan selamat kepada sinetron Muslimah yang telah memenangkan trophy  kategori sinetron terfavorit. Tepuk tangannya boleh !"  (semua pada tepuk tangan).
Titah: "Selanjutnya, kita akan membacakan nominasi pada kategori yang tentu saja tidak kalah  menariknya dengan kategori sebelumnya Lina !"
Gue     : "Tentu saja Titah ! Baiklah langsung saja !"
All     : "Nominasi kategori Raelity Show terbaik adalah...
              DORCE SHOW ! semua pada tepuk tangan, dan Isna bawa-bawa kertas asturo kayak gini ke depan kelas:
              
               KICK ANDY ! semua pada tepuk tangan, dan Nadiah bawa-bawa kertas asturo kayak gini ke depan kelas:
               TERMEHEK-MEHEK ! (semua pada tepuk tangan, dan Raisha bawa-bawa kertas asturo yang ada tulisan "Termehek-mehek"-nya ke depan kelas.)
               dan THE MASTER  ! (semua pada tepuk tangan, dan Riska bawa-bawa kertas asturo yang ada tulisan "The Master"-nya ke depan kelas).

Titah: "Wah, semua reality show-nya menarik ya Lina !"
Gue     : "Betul sekali Titah ! Langsung saja kita buka amplopnya !"

Gue buka amplop bekas tempat CD lagi. Oh ya, tempat CD ini juga di lapisi kertas asturo warna emas dan di depannya di tulis : FFI.

All     : "Dan pemenang nominasi kategori reality show terbaik adalah................                TERMEHEK-MEHEK !"
semua pada tepuk tangan, dan Riska, selaku Panda di acara reality show Termehek-mehek, maju ke depan dan menyatakan rasa suka citanya. Oh ya, si Gistra sama Regina juga maju sebagai rekan Riska, mereka juga promosi acara Termehek-mehek. Bagi Trans Tv, mestinya membayar royalti nih buat mereka (hahaha, ngarep aja !)
Titah: "Kepada yth Bapak Seto, selaku aktor senior kita, diperkenankan naik ke atas  panggung untuk memberikan trophy kepada pemenang"

Dialog tadi juga sebenernya dibacain sebelum si Riska menyatakan rasa suka cita-nya. 

Gue    : "Selamat kepada Termehek-mehek yg telah memenangkan trophy nominasi kategori reality show terbaik"
Titah: "Ya ! Wah sepertinya kita harus mengendurkan dulu otot-otot para pemirsa yg mulai  tegang nih, Lin ! Bagaimana kalau kita dengarkan dulu sajian musik dari grup vokal kawakan  kita yg akan menyanyikan lagu 'Dangdut is The Music of My Country' ?!"
Gue, Titah, Nadiah, Nadianur, Riska, Raisha, sama Isna pada nyanyi-nyanyi lagu 'Dangdut is The Music of My Country' sambil joget-joget dan bawa botol aqua yg udah diisi sedikit beras. Ceritanya botol aqua itu jadi marakas abal-abal. Kita nyanyi dan joget-joget kayak orang gila di depan kelas. Hampir semuanya ketawa. 

Nyanyi dan joget2 pun selesai..
Gue     : "Wah ! sangat menghibur ya Titah !"
Titah: "Ya, namun setelah kita terhibur, kini saatnya kita harus merasa tegang lagi, karena  nominasi kategori film terfavorit akan segera di bacakan !"
Gue    : "Langsung saja !"
All     : "Nominasi kategori film terfavorit adalah.....
             AAC ! (semua pada nyorakin, dan Riska bawa-bawa kertas asturo yang ada tulisan "AAC"-nya ke depan kelas)
            KAMBING JANTAN ! semua pada tepuk tangan, dan Nadiah bawa-bawa kertas asturo  kayak gini ke depan kelas:
               LASKAR PELANGI ! (semua pada nyorakin, dan Isna bawa-bawa kertas asturo yang ada tulisan "Laskar Pelangi"-nya)
              dan HANTU JAMU GENDONG ! semua pada tepuk tangan, dan Nadianur bawa-bawa kertas asturo kayak gini ke depan kelas:

Titah: "Wah ! Film-nya bagus semua ya Lina !"
Gue    : "Ya, betul sekali Titah ! Kita buka amplopnya !"
Gue buka kembali amplop yang sama.
All     : "Dan pemenang nominasi kategori film terfavorit adalah..........                                                    HANTU JAMU GENDONG !"
Raisha yang mengenakan baju dan topi ala sutradara maju ke depan, dia selaku sutradara film Hantu Jamu Gendong . Oh ya, si Vhia sama Dhiva kalo ga salah juga maju. Si Vhia sebagai Mbak Julia Perez dan Dhiva sebagai rekannya.
Titah: "Kepada yth Ibu Lia Wahyu, dipersilakan naik ke atas panggung untuk  memberikan  trophy kepada pemenang nominasi kategori film terfavorit." 
si Lia maju dan ngasih trophy botol aqua ke Raisha. Terus si Raisha menyatakan rasa suka citanya dan dia juga berterima kasih pada Vhia, selaku Mbak Julia Perez (hahoy lah Vhia).
Setelah itu, mereka semua turun.
Gue : "Selamat kepada film Hantu Jamu Gendong yg telah memenangkan trophy nominasi film terfavorit.
Sekarang kita akan berlanjut ke acara terakhir, yaitu penampilan dari RISKA RAFAEL !"
Semua pada ketawa, karena Riska maju ke depan kelas dengan mengenakan kaos hitam, celana jeans hitam, dan topi kerudung buat nenek-nenek yang juga berwarna hitam.  Riska mirip banget sama Romy Rafael. Soalnya rambutnya juga diiket.
Adek-adek kelas yang ada di luar kelas 8-4 juga pada nonton dari depan jendela. Semua pada ketawa ngakak.

Si Raisha maju ke depan sebagai orang yg akan di hipnotis oleh Riska. si Riska bikin si Raisha tidur di atas kursi, dan menunjukkan sifat buruk Raisha sehari-hari, yaitu males dan kebanyakan nonton sinetron.
Dialog mereka..
Riska  : (sebelum Raisha maju) "Selamat siang permirsa ! Setiap orang memiliki jalan hidupnya masing-masing, namun  kita dapat mengubah jalan hidup kita menjadi lebih baik, jika kita memiliki kemauan dan  bekerja keras dengan sungguh-sungguh. Hari ini saya akan menunjukkan hal tersebut. Sebelumnya,  saya ingin salah satu dari kalian membantu saya disini ! Tolong tunjuk tangan supaya saya bisa  memilih kalian !"
Hampir semua temen-temen nunjuk tangan, tapi karena semua juga tahu kalo Riska ga bisa ngehipnotis orang, jadinya si Raisha yg dipilih maju, karena si Raisha udah disuruh pura-pura ke hipnotis sama si Riska. Raisha pun maju..
Riska   : "Siapa nama anda ?"
Raisha: "Raisha"
Riska  : "Baiklah, silakan duduk ! (Raisha duduk di kursi yang udah reyot). Atur nafas anda, santai saja ! (Riska megang tangan Raisha). Dan Tidur !" (Riska narik tangan Raisha, Raisha langsung pura-pura tidur).
Riska   : "Sugesti saya akan membawa anda ke alam mimpi jauh lebih dalam dan jauh lebih dalam ! Tepuk tangan penonton akan membantu anda memasuki alam mimpi anda ! (semua pada tepuk tangan). Saya akan menunjukkan kebiasaan buruk orang ini !"
Riska   : (pura-pura jadi emaknya Raisha) "Raisha, belajar !"
Raisha: (sambil pura-pura tidur) "Nanti aja Ma ! Tunggu Alisa selesai !"
Riska   : (masih pura-pura jadi emaknya Raisha) "Kamu ini nonton sinetron terus ! Mana belom                sholat lagi !"
Raisha: (masih sambil pura-pura tidur)"Iya, ntar Ma !"
Riska   : (udah ga pura-pura jadi emaknya Raisha lagi) "Itulah kebiasaan buruk orang ini ! Marilah kita lihat pekerjaan apa yg akan dia dapatkan ketika ia sudah besar ! (Riska nulis sesuatu di kertas asturo, dan ngasih ke gue, terus Riska nepok pundak Raisha) Kerjakan sugesti yang saya berikan pada anda !"
Raisha: (masih sambil pura-pura tidur, terus dia bergaya lagi dorong gerobak, ngecat tembok, ngelempar semen, ngaduk semen, dll)
Riska  : (sambil nepok pundak Raisha) "Cukup !" (Raisha langsung jatoh lagi ke kursi).
Riska   : (Nepok pundak Raisha) "Bangun ! (Raisha bangun dengan masang tampang orang bingung) Apa yg anda rasakan sekarang ?"
Raisha: (sambil megang-megang tangan dan pundaknya) "pegel-pegel nih !" (semua pada ketawa)
Riska  : "Tadi kamu ngapain, kok bergaya kayak lagi dorong gerobak ?"
Raisha: "Iya, tadi saya mimpi lagi dorong gerobak, ngecat tembok, ngelempar semen, dan ngaduk semen".
Riska  : "Ada yang bisa menebak, apa pekerjaannya?" (semua pada nebak, ada yang nebak tukang besi, tukang kayu, petani, dll).
Riska   : Iya cukup ! Tolong dibuka kertasnya ! (Riska nyuruh gue buat ngebuka kertas asturo yang tadi dia kasih ke gua).
Gue        : (Sambil heboh ga jelas) Waw ! Tukang Bangunan ! (terus gue nunjukkin kertas itu ke semua orang).
Riska  : "Baiklah ! Anda boleh kembali ke tempat duduk ! (Nyuruh Raisha). Orang tadi telah menunjukkan, bahwa kemalasan akan berakibat buruk di masa yg akan datang. Jadi kita harus berusaha sebaik-baiknya untuk membuat nasib kita menjadi lebih baik. Sekian dan selamat siang !" (Riska balik ke tempat duduk, semua pada tepuk tangan).
Titah: "Wah ! Penampilan Riska Rafael sangat menakjubkan ya !"
Gue     : "Iya, namun kita sudah sampai di penghujung acara, saya Rusydah Syarlina"
Titah: "Dan Saya Iedtitah Fairuz"
All     : "Mohon undur diri ! selamat siang !"
Itulah drama membawakan acara gue dan temen-temen sekelompok gue. Itu semua buat tugas B.Ind. 
Gue sama Titah sebagai pembawa acara.
Oh ya, sebelum tampil, kita juga latihan dulu, cuman di sela-sela latihan, ada sesi main-main kayak gini nih:
Itu Titah sama Riska.
Titah yang deket pager dan Riska yang bawa bola.
Yang pake kerudung di depan Riska itu Nadianur.
Mereka lagi pada main bola.
tempat latihan di rumah gue.
itu kumpulan kertas asturo buat sinetron, reality show, dan film yg jadi nominasi

Latihan dilakukan selama 3 hari di sekolah dan di rumah gue. 
Sekian..........

Comments

  1. asik nama gue disebut tapi, lin gue kan maju waktu muslimah bareng piteri hahaha

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts