Lomba Cerpen dengan tema "Indonesiaku ASEAN-ku"

Akhirnya, pulang ke rumah, dengan sisa duit celengan gue yang pas-pasan bener, gue minta tolong pembokat gue yang udah balik dari kampungnya buat ngirimin cerpen gue.
Sampe situ gue lega.
Beberapa minggu kemudian, gue buka situs Departemen Luar Negeri, buat liat pengumuman hasil lomba, dan...
GUE DAPET JUARA 3 !
Gue langsung teriak-teriak kayak orang gila. Terus lari-lari keliling rumah sambil ketawa-ketawa. Abis itu langsung nelpon nyokap gue yang lagi kerja, dan gue ngasih tau nyokap gw sambil teriak-terika pula. Nyokap gue sampe kaget, dikiranya sesuatu yang buruk terjadi di rumah. Gue juga langsung nelpon Nadiah, Nadianur, Iedtitah, dan Riska, 4 orang temen-temen baik gue. Dan gue juga ngasih tau mereka sambil teriak-teriak. Gue pengen ngasih tau bokap gue, cuman hp-nya ga bisa dihubungin. Gue seneng banget karena lomba ini tingkat Nasional dan gue berhasil dapet juara 3.





Ada orang yang nempel poster lomba menulis cerita tentang Indonesia dan ASEAN di mading sekolah gue. Gue pikir-pikir, ga ada salahnya nyoba-nyoba ikut yang kayak gituan, siapa tau aja gue lagi beruntung.
waktu itu lagi bulan puasa, HAUS !
Pas udah 1 minggu menjelang lebaran, pembokat gue pada pulang kampung semua, otomatis gue-lah yang menggantikan posisi pembokat gue di rumah.
Gue nyapu, nge-pel, beresin kamar, nyuci piring, nyuci baju, jemur pakaian, nyetrika, jaga adek gue yang nakalnya naujubileh, dll, pokoknya gue bener-bener jadi PEMBOKAT.
Dan gue bangga pada diri gue sendiri, karena di sela-sela waktu gue kerja jadi pembokat itu, gue masih nyempet2in nulis cerita buat di kirim-in ke kantor ASEAN di Jakarta.

Akhirnya, selesai juga ceritanya ! Mau tau berapa halaman gue berhasil bikin cerita pendek ? 10 HALAMAN FOLIO ! hohoho gue bangga.
Liburan selesai, dan gue kembali masuk sekolah.
Sebelum cerita gue di kirim ke kantor ASEAN, rencananya gue bakal minta Bu Uyung, guru b.Ind gue, buat ngoreksi cerita gue, dan akhirnya gue serahin juga cerita itu ke Bu Uyung.
Apa komentar Bu Uyung ?

Bu Uyung: "Ya ampun Rusydah, cerpen kamu bagus banget ini ! Kamu dapet ide darimana ? terus informasi yang terkandung di cerpen ini juga bagus. Dapet darimana informasinya ?"

Gw: "Hahaha, makasih Bu. Ga tau ide-nya dapet darimana, tiba-tiba aja Bu. Kalo informasinya dapet dari internet."

hahaha gue bangga, akhirnya ada juga guru yang mau muji gue.

Lalu, gue pengen ngirim tuh cerpen, cuman ga tau gimana caranya. Pas hari Jumat, rencananya gue mau minta tolong Pak Wahyu, guru b.Ind gue juga, buat ngirimin cerpen gue, cuman Pak Wahyu dan Bu Uyung sama-sama GAK ADA di sekolah. Padahal, paling lambat, besoknya udah harus di kirim. putus asa gue, gue hampir nangis waktu itu, soalnya gue kan udah capek-capek kerja sebagai pembokat sambil nulis cerita itu.
Cuman, temen-temen gue pada nyemangatin gue. Bahkan mereka menawarkan diri untuk membantu gue ngirim cerpen itu. Emang mereka teman sejati (y).

Akhirnya, gue pulang ke rumah, dengan sisa duit celengan gue yang pas-pasan bener, gue minta tolong pembokat gue yang udah balik dari kampungnya buat ngirimin cerpen gue.
Sampe situ gue lega.
Beberapa minggu kemudian, gue buka situs Departemen Luar Negeri, buat liat pengumuman hasil lomba, dan...
GUE DAPET JUARA 3 !
Gue langsung teriak-teriak kayak orang gila. Terus lari-lari keliling rumah sambil ketawa-ketawa. Abis itu langsung nelpon nyokap gue yang lagi kerja, dan gue ngasih tau nyokap gw sambil teriak-terika pula. Nyokap gue sampe kaget, dikiranya sesuatu yang buruk terjadi di rumah. Gue juga langsung nelpon Nadiah, Nadianur, Iedtitah, dan Riska, 4 orang temen-temen baik gue. Dan gue juga ngasih tau mereka sambil teriak-teriak. Gue pengen ngasih tau bokap gue, cuman hp-nya ga bisa dihubungin. Gue seneng banget karena lomba ini tingkat Nasional dan gue berhasil dapet juara 3.

Pas besok-nya, gue ngasih tau Bu Uyung. Ya ampun ! Bu Uyung TERIAK-TERIAK juga ! saking senengnya kali.
Hari Selasa, gue sama 4 orang temen baik gue, terus Bu Uyung, Bu Wanti yang guru IPS gue, sama ortu gue, ngambil hadiah di gedung deket kantor ASEAN. di sana banyak banget anak sekolahan, dan suasananya formal banget. Yang juara 1 dari kategori SMP, keren banget deh ceritanya. Yang juara 1 dari Kategori SMA juga keren. hebat lah mereka.
Eh masa, makanan di situ enak-enak. Gue norak banget waktu itu. Bahkan, saking enaknya makanan itu, Bu Wanti  makan banyak banget ! hehehe *damai Bu*.
Hadiah yang gue dapet adalah:

1. Hadiah Pertama:

Piala yang gue bangga-banggakan. ini piala gue foto di atas tempat tidur gue yang memakai seprei  dengan gambar 'Thomas si Kereta Api'  buat anak kecil banget dan seprei ini sangat lecek. 
Kalo mungkin anda kurang jelas melihat tulisan apa  yang ada di piala itu, maka, ini foto yang lebih jelas:

tulisannya adalah: "JUARA III
Lomba Menulis Cerpen ASEAN DITJEN Kerjasama ASEAN
Departemen Luar Negeri
Tingkat SMP"
2. Hadiah Kedua
Plakat yang gue suka banget. Karena baru kali ini gue dapet plakat.
Mungkin anda kurang jelas membaca tulisan yang ada di plakat itu ? ini foto yang lebih jelas:
tulisannya adalah:  "Direktorat Jendral Kerjasama ASEAN
Departemen Luar Negeri
Republik Indonesia"

3. Hadiah ketiga:
PENSIL ! tapi Pensilnya ada lambang sama tulisan "Association Of Southeast Asian Nations" yang gue suka banget.

4. Hadiah keempat:
Buku Dongeng Mancanegara, gue suka banget sama buku ini.  Keliatannya mahal ! (halah, norak gue kambuh lagi). Dongeng-dongeng di buku ini, semuanya berasal dari negara-negara di ASEAN dan China. Keren loh ! haha
Judul buku: "Selection of Folktales from ASEAN and China"

5. Hadiah kelima: 
 Buku Tipis tentang kehidupan masyarakat ASEAN. Keren ! di dalemnya, ada foto-foto orang pinter yang lahir di ASEAN, dll.
Judul buku: "ASEAN Our Favourite Place"
6. Hadiah Keenam:
Buku ASEAN CHARTER. Gw gak ngerti isinya ! hehe

7. Hadiah Ketujuh:

Pulpen yang bagus banget. Tapi gue kasih ke nyokap gue, soalnya takut hilang. Jadi ga ada fotonya.

8. Hadiah kedelapan:

UANG ! haha ini yang paling gue suka ! 

Terus pas hari Senin minggu depannya, kan upacara bendera. Gue dipanggil maju ke depan temen-temen sama Pak Kuntjoro, kepala sekolah gue yang waktu dulu. Dia pengen ngasih ucapan selamat ke gue. Guru-guru yang lain juga pada nyalamin gue. Senang sekali.

Oke, intinya gue mosting ini adalah, bukan untuk nyombongin diri, meskipun keliatannya begitu, tapi cuman ingin mengingat kembali saat-saat indah *lebay.
Gue dapet juara 3 ini tentunya ga lepas dari bantuan banyak pihak. Karena itu, gue mau ngucapin terima kasih kepada:
1. My God, ALLAH SWT, karena karena-Nya lah gue bisa itu semua ! Makasih ya Allah, Kau emang baik !
2. My Parents, yang udah dukung gue, meskipun awalnya agak meragukan gue bisa menang, Tapi no problemo lah, tetep makasih ya Ibu Ayah !
3. My Teacher, khususnya Bu Uyung, yang udah ngo-reksi cerpen gue. Terus Pak Wahyu, yang juga udah ngajarin gue tata bahasa yang bener. Bu Endang, guru PKN gue, yang telah menjadi inspirasi bagi cerita gue. Bu Lusi, wali kelas gue yang paling TOP, dan Bu Wanti yang nemenin gue ngambil hadiah, serta memberi informasi berkaitan dengan cerpen.
4. My Best Friends, Nadiah, Nadianur, Riska, dan Titah, makasih buat support kalian yang abis-abisan dan komentar membangun buat cerpen gue dari kalian, dan lagipula, gue make nama kalian di cerpen gue, jadi, makasih ya temen-temen :)
5. Speedy, yang udah jadi modem internet gue (hahaha)
6. Departemen Luar Negeri Kerjasama ASEAN, yang udah nyelenggarain lomba
7. TIKI, yang udah ngirimin cerpen gw tepat waktu :)
8. Pembantu gue yang udah ngirimin cerpen gue lewat TIKI.
9. Dan semua yang terlibat, yang gak mungkin gue ucapin satu2.
oh ya, buat temen gue si Seto dan seluruh temen sekelas gue, juga makasih, soalnya gue make nama mereka semua di cerpen gue
hahaha. Sekian.

Comments

Post a Comment

Popular Posts