Apa itu Segitiga Bermuda ?

kenapa bisa dibilang segitiga bermuda ? karena kalau kita iseng-iseng narik garis dari Negara Puerto Rico, yang merupakan wilayah teritorial AS, terus kita hubungin ke Pulau Bermuda, yang merupakan wilayah teritorial Inggris, dan terakhir dihubungin lagi ke negara bagian Florida di AS, pasti deh kebentuk sebuah segitiga ! cuman yg masih gue bingung-in, kenapa di nama-in segitiga 'bermuda' ya ? padahal kan tuh segitiga juga terbentuk dari Puerto Rico dan Florida, mestinya bisa dong kalo tuh segitiga di nama-in segitiga 'Florida' atau segitiga 'Puerto Rico' ?


Dari jaman baheula sampe sekarang, gue masih bingung soal segitiga bermuda.
Jadi kemaren gue abis baca majalah BOBO, sampe sekarang gue masih langganan majalah BOBO loh ! Hebat kan ? Abis-nya mo gimana lagi, menurut gue isi majalah BOBO keren-keren. bukan keren dalam arti kata 'gaul di tengah kalangan remaja', tapi keren pengetahuannya. *promosi
Majalah BOBO lagi mengulas tentang segitiga bermuda, dan berhasil membuat gue semakin penasaran.
Bahasa Inggris-nya  Bermuda Triangle, tapi sering juga disebut segitiga setan. *serem
Sebenernya segitiga itu cuma segitiga khayalan, cuman udah berhasil bikin gue penasaran setengah hidup.
kenapa bisa dibilang segitiga bermuda ?kenapa bisa dibilang segitiga bermuda ? karena kalau kita iseng-iseng narik garis dari Negara Puerto Rico, yang merupakan wilayah teritorial AS, terus kita hubungin ke Pulau Bermuda, yang merupakan wilayah teritorial Inggris, dan terakhir dihubungin lagi ke negara bagian Florida di AS, pasti deh kebentuk sebuah segitiga ! cuman yg masih gue bingung-in, kenapa di nama-in segitiga 'bermuda' ya ? padahal kan tuh segitiga juga terbentuk dari Puerto Rico dan Florida, mestinya bisa dong kalo tuh segitiga di nama-in segitiga 'Florida' atau segitiga 'Puerto Rico' ?


dari foto itu, kita bisa liat kalo Florida, Puerto Rico, sama Pulau Bermuda di satuin dengan cara dibikin garis2, bisa jadi segitiga !
nah, lupakan saja soal nama segitiga !
karena gue masih penasaran, jadi gue buka deh situs wikipedia. Katanya, segitiga bermuda itu terletak di  Samudra Atlantik, dan luasnya mencapai 1,5 juta mil2 atau 4 juta km2.
Katanya Christoper Colombus, di buku hariannya, pas dia melintasi area segitiga Bermuda, salah satu awak kapalnya bilang kalau dia liat cahaya aneh gitu di langit.
orang-orang juga ada yang bilang kalau udah liat sesuatu seperti meteor di langit. Dalam buku harian-nya, si Christoper Colombus juga nulis kalo kompas jadi gak ada gunanya di area itu. Serem.
Oh ya, katanya Majalah Bobo, di segitiga bermuda  banyak banget ganggang. terus disana juga airnya hangat. Nah, salah satu ciri kalau kita udah mau deket daratan: banyak ganggang dan air hangat. Jadinya, pelaut yg lewat situ sering kena tipu, soalnya sebenernya mereka masih di tengah-tengah laut, tapi mereka ngira udah deket daratan. Si Christoper Colombus menamakan laut yang banyak ganggangnya dengan laut Sargassoartinya 'ganggang laut'.
Oh ya, si Christoper Colombus juga bilang, kalo disana ga ada angin, jadi jangan coba-coba pake kapal layar kesana ya. soalnya kapal ga bakal bisa jalan, ntar lo diem di tempat dan ga bisa pulang.
kalau masalah kecelakaan, wah jangan ditanya deh ! Banyak banget kapal dan pesawat yang kecelakaan di situ ! dan parahnya lagi, bangkai kapal atau pesawat itu ga pernah ditemukan, ya bisa dibilang kalo kapal sama pesawat itu HILANG entah kemana ! dan yang anehnya lagi, sampe sekarang belom ada penelitian yang bisa menjelaskan dengan pasti, apa penyebab kecelakaan-kecelakaan itu.
katanya orang-orang, di segitiga bermuda tuh ada gas metana. Gas metana bisa bikin sesuatu lenyap dalam sekejap loh ! tapi, setelah ada penelitian, gas metana itu adanya jauh dari segitiga bermuda. jadi, bukan gas metana-lah yang jadi penyebab hilangnya macem-macem kapal dan pesawat disitu.
terus, ada juga orang yang bilang kalo segitiga bermuda tempat-nya pangkalan pesawat UFO, emang UFO beneran ada ya ? katanya, alien-alien dari UFO tersebut ga mau di ganggu, jadi setiap kendaraan yang lewat sana bakal di lenyapin sama si alien itu. Emang alien ada beneran apa ? dan kalo pun ada beneran, masa jahat amat sih ? dan itu merupakan salah satu bagian dari banyaknya pertanyaan di otak gue.
selain itu, ada juga orang yang bilang, kalo segitiga bermuda itu tempat bertemunya arus air dingin dan air hangat dari seluruh penjuru laut di dunia, jadinya, terbentuk-lah sebuah pusaran air yang sangat besar di situ dan kapal bisa lenyap di bawa pusaran air tersebut. Tapi yang gue bingungin, emang bisa ya, pusaran air bikin pesawat tenggelem ? oke deh kalo kapal laut tenggelem karena pusaran air, karena jelas-jelas kapal laut ada di laut, jadinya bisa kena pusaran air, cuman kalo pesawat kan ada di udara , gimana caranya pusaran air yang jelas-jelas ada di laut bisa bikin pesawat yang ada di udara ikut tenggelem ? aneh sekali !
ada juga orang yang bilang, kalo ada magnet besar di bawah laut, jadinya barang apa aja bisa ketarik ke dalem.
ada sebuah cerita yang paling terkenal, yaitu hilangnya pesawat terbang Penerbangan 19 di segitiga bermuda. Penerbangan 19 itu kesatuan angkatan udara AS yang suka ng-bom gitu. Setelah lepas landas dari Fort Lauderdale, Florida pada tanggal 5 Desember 1945, tiba-tiba aja pesawat itu hilang di segitiga bermuda. Oh ya, penerbangan 19 terdiri dari 5 pesawat suka ngebom bikinan orang-orang yang kepinteran membuat pesawatnya ga usah di bahas lagi. karena mereka sangat jago bikin pesawat. Padahal pesawat-pesawat itu udah dibikin supaya kuat buat mengahadapi situasi buruk, cuman dengan gampangnya pesawat itu hilang di segitiga bermuda. Pesawat-pesawat itu juga dirancang supaya bisa ngapung di laut dalam waktu lama, cuman pesawat itu ga ngapung di laut segitiga bermuda. oh ya, abis itu dikirimlah regu penyelamat kesana, tapi regu penyelamat malah ikutan hilang. ckck
gosipnya, segitiga bermuda ini ada hubungannya loh sama kota Atlantis yang hilang, dan yang berhasil bikin gue tambah penasaran.
gue mau sebutin kapal sama pesawat yang hilang di segitiga bermuda:
tahun 1840: HMS Rosalie
tahun 1872: The Mary Celeste, salah satu misteri terbesar lenyapnya beberapa kapal di segitiga bermuda
tahun 1909: The Spray
tahun 1917: SS Timandra
tahun 1918: USS Cyclops (AC-4) hilang di laut berbadai, tapisebelum berangkat menara pengawas bilang kalo lautan tenang banget, ga mungkin ada badai, baik banget buat pelayaran
tahun 1926: SS Suduffco hilang dalam cuaca buruk
tahun 1938: HMS Anglo Australian juga hilang. Padahal laporan bilang kalo cuaca hari itu tenang banget.
tahun 1945: Penerbangan 19 hilang
tahun 1952: Pesawat British York transport hilang dengan 33 penumpang
tahun 1962: US Air Force KB-50, itu kapal tanker dan seperti biasa, hilang !
tahun 1970: Kapal barang Perancis, Milton Latrides hilang; berlayar dari New Orleans menuju Cape Town.
tahun 1972: Kapal Jerman, Anita (20.000 ton), hilang dengan 32 kru.
tahun 1976: SS Sylvia L. Ossa hilang dalam laut 140 mil sebelah barat Bermuda.
tahun 1978: Douglas DC-3 Argosy Airlines Flight 902, hilang setelah lepas landas dan kontak radio terputus
tahun 1980: SS Poet; berlayar menuju Mesir, hilang dalam badai
tahun 1995: Kapal Jamanic K (dibuat tahun 1943) dilaporkan hilang setelah melalui Cap Haitien
tahun 1997: Para pelayar hilang dari kapal pesiar Jerman
tahun 1999: Freighter Genesis hilang setelah berlayar dari Port of Spain menuju St Vincent.

ini gambar pesawat2 yang ilang di segitiga bermuda
Jadi begitulah.
oh ya, postingan gue kali ini banyak nyontek dari Majalah BOBO dan Wikipedia Indonesia. jadi thanks ya buat Majalah BOBO yg TOP banget dan Wikipedia Indonesia yang OKE banget ! terus terang aja, majalah BOBO sama Wikipedia banyak bantu gue buat ngerjain tugas-tugas sekolah.

Majalah BOBO, gue udah langganan dari kls 5 SD sekrng gue kls 8 SMP. dan nyokap gue juga udah langganan dari kecil. keluarga gue penggemar majalah BOBO.
Wikipedia, si situs genius ! 

Comments

Popular Posts